Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja | Surat lamaran kerja memang sudah menjadi salah satu syarat wajib bagi setip orang yang hendak masuk ke salah satu perusahaan yang hendak ia tempati . tetapi sekarang ini masih banyak yang belum tau tentang bagaimana tata cara membuat sebuah surat lamaran kerja. sebenarnya membuat surat lamaran kerja itu tidak terlalu sulit karena sewaktu kita sma dan smk guru bahasa indonesia kita sudah membekali kita dengan pelajaran surat-menyurat namun terkadang kita saja yang sering lupa dengan pelajaran tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Bagi yang pertama kali membuat surat lamaran mungkin akan terasa membingungkan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja pasti akan kebingungan karena tidak tau apa yang akan di tulis pada lembar kertas surat lamaran. Khususnya untuk para mahasiswa dan mahasiswi yang baru lulus kuliah atau anak sma yang baru lulus dan ingin segera mencari pekerjaan. Namun jangan khawatir kali ini saya akan berbagi tips dan trick untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Oke sebelum kita langsung ke tkp sebaiknya sahabat CTE perhatikan beberapa hal dalam penulisan surat lamaran kerja. sebaiknya surat lamaran di tulis dengan bahasa indonesia yang baik dan benar kemudian kata-kata di rangkai seindah mungkin sehingga akan membuat kesan utama yang baik terhadap manager personalia yang saat itu mengani anda.

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar


Dalam Pembuatan Surat Lamaran Kerja tidak boleh serta merta asal membuat yang penting jadi. Karena ini di tujukan pada perusahaan yang akan kita tempati untuk bekerja maka kita harus memberikan kesan yang baik supaya kita di berikan izin untuk masuk di perusahaan tersebut. dalam penulisan surat lamaran sebaiknya.

1. Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Dalam menulis surat lamaran hendaknya di tulis dengan bahasa indonesia yang baik dan benar jangan samapai ada pencampuran bahasa disana, karena jika itu terjadi akan membuat kesan yang kurang baik terhadap surat lamaran yang kita buat.

2. Tulislah menggunakan kalimat yang sopan

Dalam penulisan surat lamaran sebaiknya gunakan susunan kalimat yang sopan. karena dengan kalimat yang sopan kita akan di anggap punya attitude yang baik sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mereka.

3. Menulis surat lamaran secara manual

Dalam penulisan surat lamaran sebaiknya di tulis tangan secara manual karena tulisan tangan ini juga akan menjadi salah satu point penilaian personalia untuk mengetahui kepribadian dari seseorang. Jangan sampai tulisan tercoret-coret ataupun kotor. Jika ada terjadi kesalahan daalam penulisan maka sebaiknya ganti kertas saja, jangan di hapus kemudian di tulis ulang.

4. Siapkan persyaratan yang diminta perusahaan

Sebaiknya segera anda siapkan dan anda lengkapi persyaratan apa saja yang di minta oleh perusahaan jangan sampai ada yang tertinggal.

5. Lampirkan sertifikat pendukung

Jika anda punya sertifikat khusus anda bisa ikut lampirkan bersama surat lamaran karena sertifikat khusus juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga manager personalia bisa mempertimbangkan kemampuan anda.


Contoh Surat Lamaran Kerja


Hal : lamaran pekerjaan



Kepada Yth.,

Bpk / Ibu Personalia 

PT. Chelsea Indonesia Bersama

Jl. Stamford Birdge No 1902

Bengkulu Utara



Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Chelsea Indonesia Bersama yang saya dapatkan dari harian Kompas pada tanggal 20 Novermber 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Manager IT dengan kode (MTI) di perusahaan PT. Chelsea Indonesia Bersama



Berikut ini adalah data singkat saya

Nama                      : Hudda Torres

Tempat / tgl. lahir       : London, 14 Februari 1995

Pendidikan Terakhir       : S1 Sistem Informasi

Alamat                    : Jl Selagan Jaya No 32

Telepon (HP)              : 082189899898

Status                    : Lajang



Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya, Selain keahlian di atas saya juga mempunyai keahlian lain seperti mendevelop sebuah website, mendevelop aplikasi, membuat server jaringan dll.



Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy ijazah S1

3. Foto copy transkrip nilai

4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

5. Pas photo yang terbaru



Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.



Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.





Hormat saya,

Hudda Torres



Contoh Surat Lamaran Kerja


Yogyakarta, 07 Agustus 2015

Kepada Yth. HRD

Pt. Chelsea Indonesia Berjaya,

Jl. Sulawesi No. 97

Yogyakarta



Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                  :  Abdurrahman Saleh, SE

Tempat, Tgl. Lahir    :  Blitar, 2 Maret 1989

Alamat                :  Jl. Maritim Raya

No. Telp/HP           :  082134567856

Pendidikan            :  S1 Ekonomi



Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.



Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Jakarta. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.



Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :



1. Daftar Riwayat Hidup

2. Foto copy Ijazah

3. Foto copy sertifikat

4. Foto copy KTP

5. Foto copy transkrip nilai

6. Pas photo terbaru



Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.



Hormat saya,



Abdurrahman Saleh, SE.




Sekian Artikel ini saya buat semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pemula yang saat sedang ingin mencari pekerjaan. Jangan lupa buat sahabat silahkan share artikel ini supaya artikelnya lebih bermanfaat.